7 Kunci Sukses Menulis Buku Best-Seller

Alhamdulillah, salah satu buku terbaru saya, Istikharah Cinta: Cara Cerdas Mendapatkan Jodoh Ideal, menjadi best-seller (terlaris). Kesuksesannya melebihi harapan saya. Dalam waktu tiga bulan pertama, buku nonfiksi ini sudah dicetak ulang sampai tiga kali, masing-masing 5.000 eksemplar. Sekarang, buku ini pun hendak diterjemahkan ke bahasa Melayu dan akan terbit di Malaysia. (Sebelumnya, salah satu buku saya lainnya telah diterjemahkan ke bahasa Melayu dan menjadi best-seller di Malaysia.)

Kesuksesan tersebut mendorong saya untuk berbagi pengalaman dengan Anda. Saya ingin kita semua dapat menulis buku-buku best-seller yang lebih sukses daripada buku Istikharah Cinta. Untuk itu, di sini hendak saya ungkapkan faktor-faktor yang merupakan kunci sukses buku tersebut.

Dalam pandangan saya, kunci suksesnya bukan hanya satu atau dua faktor saja. Ada beberapa faktor sekaligus yang sama-sama berpengaruh besar. Seandainya salah satu faktor itu saya tiadakan, maka buku nonfiksi tersebut takkan menjadi best-seller.

Ini dia tujuh faktor terpenting yang menjadi kunci sukses buku terlaris tersebut:

1) Pilihlah penerbit yang memahami kemauan konsumen

2) Bekerja samalah dengan sang editor

3) Bidiklah tema pembahasan yang materinya Anda kuasai

4) Buatlah tulisan yang berkesan di benak pembaca

5) Gunakanlah sudut-pandang seluas-luasnya (tapi tetap terfokus)

6) Manfaatkanlah bantuan sejumlah “asisten”

7) Ikutlah mempromosikan buku Anda

Demikianlah faktor-faktor terpenting yang membuat buku Istikharah Cinta menjadi best-seller. Menurut Anda, perlukah saya menguraikannya satu per satu supaya lebih jelas? Ataukah penyebutannya itu sudah cukup jelas dan tak perlu lagi saya terangkan satu per satu?

Iklan

18 thoughts on “7 Kunci Sukses Menulis Buku Best-Seller

  1. aku kagum dengan adanya buku istikharah cinta. buku itu memang patut sekali untuk menjadi sebuah best seller. kalau bisa, bantu aku untuk bisa menjadi seperti anda, dan tolong bantu aku untuk bisa membuat sebuah buku yang dapat menumbuhkan semangat orang islam yang membacanya dalam mendekatkan diri kepada Allah swt.

  2. Assalamu ‘alaikum wr. wb!
    Sebagai penulis pemula saya mau tahu bgmn cara mengirim tulisan ke penerbit (tahapannya), dan ‘asisten’ itu siapa saja? Wassalamu ‘alaikum wr. wb!

  3. terima kasih ats artikelnya, saat ini saya sedang membutuhkan tulisan atau artikel tentang posisi pengarang dalam usaha mensuksekkan bukunya menjadi best seller. atau tulisan tentang pengaruh pengarang dalam mensukseskn bukunya menjadi best seller, mohon bantuannya sangat. terima kasih.

  4. selamat ya bisa menembus negara lain. saya bertanya : 1. apa nama penerbit yg bisa memahami kemauan penerbit? 2. asisten yg dimanfaatkan, itu asisten siapa? terima kasih. salam kenal.

  5. saya mau nanya mas gimana ya caranya menyelesaikan tulisan?, karna saya sering nulis tapi gak pernah selesai, bingung mau nyelesainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s